Top

Ingin menyeberang pulau dengan mengendarai mobil? Hal tersebut pastinya udah gak asing lagi ya dengan bantuan kapal RoRo. Namun, kalau kereta api yang mau menyeberangi lautan dan diangkut ke atas kapal ada gak ya?

Jawabannya ADA BANGET! Sebelumnya saya benar-benar clueless tentang moda transportasi ini. Hal ini saya ketahui ketika merencanakan untuk bepergian ke Copenhagen, Denmark.

Posisi Denmark (dan Negara Scandinavia lainnya) memang terpisah dari daratan Eropa pada umumnya. Jika ingin ke ibukota Denmark, Copenhagen, dari sisi selatan (Belanda atau Jerman) akan terpisahkan oleh Laut Baltic. Walaupun memang ada jembatan penghubung yang menghubungkan pulau-pulau kecil disekitarnya, sehingga moda transportasi darat pun juga bisa digunakan. Namun, opsi lewat darat ini memang sedikit memutar sehingga waktu tempuhnya lebih lama dibandingkan lewat laut.

Dengan kecanggihan negara Eropa ini, saya baru tau kalau kereta api milik Jerman (DB Bahn) memiliki rute ke Denmark, namun rutenya melintasi lautan. Seru banget kan?!

train ferry Hamburg to Copenhagen

courtesy : Google

Namun, memang harga tiket kereta lebih mahal dibandingkan tiket bus. Jadi, setelah cross check harga saya akan lebih hemat jika menggunakan bus ketika pergi (Hamburg-Copenhagen) dan menggunakan kereta ketika pulang (Copenhagen-Hamburg). Moda transportasi kereta ini berikutnya akan saya sebut train ferry ya.

Mengapa disebut train ferry? Karena kereta tersebut dapat menaiki ferry yang selanjutnya akan menyeberangi laut Baltic menuju/dari negara Scandinavia. Bentuk keretanya adalah kereta yang sama seperti kereta di Eropa lainnya, hanya saja ada rel penghubung antara sisi darat dan kapal ferry. Sehingga, kereta dapat parkir di dalam kapal selama kapal menyeberangi lautan.

Ketika trip pergi, saya menumpangi bus Flixbus dari terminal bus di Hamburg yang kemudian bergerak menuju Puttgarden. Puttgarden merupakan daerah pesisir Jerman tempat ferry bersandar. Ketika sampai di Puttgarden, banyak bus dan mobil yang ingin menyeberang mengantri untuk masuk ke dalam kapal. Di dalam kapal ini sendiri terdiri dari beberapa tingkat parkiran. Jadi dari daratan pun sudah didesain jalur untuk ke lantai sekian di kapal sehingga semua kendaraan dengan teratur masuk dan mengantri.

DCIM100GOPROKapal ini akan menyeberangi Laut Baltic selama 45 menit. Namun, peraturannya tidak boleh ada manusia yang berada di dalam kendaraannya baik itu bus, mobil pribadi, maupun kereta. Semua penumpang wajib untuk keluar dari kendaraanya dan menunggu di dalam kapal. Petugas akan ada yang sweeping untuk mengecek apakah masih ada manusia yang berada di dalam kendaraan. Untuk tas bawaan tidak perlu dibawa, hanya membawa tas yang berisi barang-barang berharga saja.

Satu tip adalah jangan lupa posisi parkir kendaraanmu dan pintu terdekat yang menjadi akses ke dalam kapal ya karena nanti kalau nyasar sewaktu kembali ke kendaraan mah gak bakalan ditungguin.

 

DSCF9853.JPG ย  DSCF9858.JPG

 

 

 

 

 

 

Ternyata tempat tunggu di dalam kapalnya seperti cruise (berasa pernah naik cruise). Ya kurang lebih seperti di dalam mall. Ada restorannya, toko duty free, dan yang serunya ada tempat duduk outdoor. Seru banget bisa melihat pemandangan Laut Baltic dari atas kapal.

DSCF9861.JPGSekitar 15 menit sebelum kapal bersandar di Rodby (sisi pesisir Denmark), akan ada pengumuman bagi seluruh penumpang untuk kembali ke dalam kendaraan. Nah, saat ini semua orang akan berbondong-bondong ke pintu akses tempat kendaraan mereka terparkir.

Ketika kapal bersandar, semua kendaraan antri untuk keluar. Khusus untuk kereta api pun juga ada rel kereta penghubungnya dan perjalanan akan dilanjutkan sampai ke stasiun tujuan, yaitu Copenhagen Central Station.

post a comment