Top
Es Kopi Kalima

Gak menyangka kalau Es Kopi Susu menjadi minuman paling fenomenal sejak tahun 2017 kemarin. Melihat antusiasme pencarian kedai kopi susu di search engine google menandakan semua orang mulai demam Es Kopi Susu. Ketika kesegaran menyeruput kopi susu yang biasanya dibeli di kedai kopi bertaraf internasional dan harganya selangit itu diganti dengan harga yang timpang dengan rasa kesegaran yang sama, siapa yang nolak coba? Kalau dulu semua orang rela mengantri di kedai kopi terkenal di mall-mall, sekarang abang-abang gojek banyakan ngantri di kedai-kedai kopi susu yang mulai menjamur di kota-kota besar di Indonesia ini. Dengan adanya pertarungan kedai kopi susu lokal ini apakah omzet penjualan kedai kopi internasional menurun drastis ya?

Saya bukanlah pecinta kopi, apalagi mengerti tentang perbijian kopi. Cara membuat kopi pun saya ga ngerti. Kalaupun disuruh memilih, preferensi kopi yang bisa saya minum pastinya yang tidak pahit dan cenderung memilih dengan campuran susu. Lupakan espresso, capuccino pun jarang menjadi pilihan saya ketika menginginkan kopi. Tapi … es kopi susu ini menurut saya bisa ditolerir oleh tubuh saya yang tidak biasa meminum kopi dan surprisingly merasakan manfaatnya!

Yuk, baca penelusuran coffee testing saya ke beberapa tempat Es Kopi Susu di kota-kota Indonesia 🙂

Kedai Kopi Susu di Jakarta Selatan

1. Es Kopi Susu Tetangga – Tuku

Thanks to this coffee shop yang disinyalir pioneer dari pertarungan Es Kopi Susu ini. Idenya patut diacungi jempol lah sampai bisa hits kayak sekarang ini. Pertama kali mengunjungi kedai kopi ini, antriannya sampai keluar toko! Tapi tokonya emang kecil banget sih, saking kecilnya area dalam hanyalah berisian antrian kasir dan tempat duduknya pun diisi oleh orang-orang yang menunggu minumannya selesai.

Kebanyakan peminat kopi disini membeli kopi untuk dibawa pulang, hanya segelintir orang yang minum di tempat karena tempatnya pun disediakan outdoor dan jumlahnya sangat sedikit. Tuku ini adalah kedai kopi susu pertama yang saya kunjungi, jadi ketika mencobanya saya belum punya perbandingan. Uniknya dengan kopi susu lokal yang sedang menjamur ini memang dari penggunaan gula aren sebagai pemanisnya. Yang saya rasakan, perpaduan kopi, aren, dan susunya cukup kuat di rasa kopi walaupun cukup creamy.

Ketika sudah mencoba kopi susu di kedai lain, saya bisa mengatakan kalau es kopi susu tetangganya TUKU ini .. it’s not to my liking. Rasa kopinya cukup ‘greng’ dan tidak bisa saya seruput terus-terusan karena kadar kafeinnya yang tidak cocok sama tubuh lemah ini.

Tapi lucunya menu yang paling cocok sama saya disini adalah Earl Grey Milk Tea nya! Favoritos  !!

Harga:
Es Kopi Susu Tetangga : Rp 18.000,-
Earl Grey Milk Tea : Rp 25.000,-

Address:
Jalan Cipete Raya No. 7
Jakarta Selatan, 12410

2. Es Kopi Kampung – Di Bawah Tangga

Es Kopi Susu Kampung Di Bawah Tangga

Menurut beberapa sumber es kopi susu di kedai yang bernama “Di bawah tangga” ini bakalan sesuai dengan preferensi saya, creamier coffee than TUKU. Tak ragu untuk mengunjungi Mall Gandaria City hanya untuk membeli Es Kopi Susu Kampung ini. Letak kedai ini nyempil di area outdoor tepat disamping pintu North Lobby. Kedainya pun kecil, hanya tersedia beberapa kursi. Kebetulan ketika saya datang sedang tidak ramai, jadinya bisalah sebentar duduk-duduk disana.

Coffee-wise, enak banget! So far paling doyan sama es kopi susu kampung nya! Tipikal kopi yang bisa disruput terus-terusan sampai habis. Kopinya tetap kerasa walaupun susunya lebih dominan. Super likeeee 😀

Harga:
Es Kopi Susu Kampung : Rp 19.000,-

Address:
Gandaria City (Di luar pintu masuk North Lobby)
Jl. Sultan Iskandar Muda No.22-23, RT.10/RW.6, Kby. Lama Utara, Kby. Lama
Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240

Kedai Kopi Susu di Jakarta Utara

1. Es Kopi Kalima – Kalima

Es Kopi Kalima

Lelah banget harus ke Jakarta Selatan kalau kepengen kopi susu. Mau nge-gojekin pun mahal di ongkir. Nah, buat yang disekitaran Kelapa Gading wajib nih nyobain kopi susu disini. Lokasinya menyatu dengan EATLAH, iya kedai makanan yang khas dengan saos telor asinnya yang menurut saya sih overprice. Sama seperti kedai lainnya, kedai ini juga mini sekali.

Saya memesan dua jenis kopi, yaitu Kopi Susu Kalima dan Kopi Keren. Bedanya adalah kopi keren ini adalah perpaduan kopi susu dan gula aren. Nah, berdasarkan deskripsinya saya bisa langsung menebak mana yang lebih condong saya pilih. Yap, Kopi Susu Kalima enak banget walaupun menurut saya sih lebih enak Es Kopi Susu Kampung nya Di Bawah Tangga. Tapi okelah kalau sekedar nyari yang bisa dibeli cepet daripada harus jauh-jauh ke Jakarta Selatan. Sedangkan, Es Kopi Keren ini mirip banget sama rasa Es Kopi Susu Tetangga nya TUKU.

Harga:
Es Kopi Kalima : Rp 16.000,-
Es Kopi Keren : Rp 22.000,-

Address:
Kalima Coffee Shop (Satu toko dengan EATLAH)
Jalan Summagung 3 Blok. K5 No.1A, Kelapa Gading
Jakarta Utara

Disclaimer : Blogpost ini akan selalu saya update, so stay tune terus ya!

Protected by Copyscape

post a comment