Top

Courtesy : Fitinline.com

Pernah ga sih ngerasain hidup dengan aktivitas yang monoton sampai-sampai ngerasa menjalani hidup layaknya robot; yang bisa diatur dan dikendalikan dari awal sehingga ketika mesin dinyalakan ya berjalan aja gitu sesuai settingan tanpa ada kejutan-kejutan di tengahnya. Atau mungkin perasaan-perasaan seperti ‘stuck’ akan kemampuan yang dimiliki sehingga kalau ‘mesinnya’ ga diupgrade ya sudah semakin ketebak kalau hidupnya akan gitu-gitu aja.

Berangkat dari kehidupan yang monoton dan skill yang tidak kunjung bertambah membuat saya berpikir keras, apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup ini?

Pilihan saya sejak awal memang berniat untuk meningkatkan kualitas dari sisi kreativitas. Kenapa? Karena sayangnya saya lahir tidak dengan bakat seni yang cukup baik, walaupun sebenarnya saya sangat menyukai hal-hal yang berbau kesenian. Hal yang menjadi pelajaran besar bagi saya adalah sebenarnya segala hal di dunia ini sangat amat bisa dipelajari dan dimasteri jika dan hanya jika kamu ada niat, usaha dengan rajin dan sungguh-sungguh. Cepat atau lambat pasti akan ada hasilnya. Terdengar clichรฉ dan membosankan ya karena tagline seperti itu semua orang juga sudah tau, tapi apakah semua orang mengamalkannya?

Balik lagi dengan kegundahan saya akan upaya meningkatkan kualitas diri ini, apalagi perasaan ini mulai membuncah setelah kepulangan saya dari sekolah selama 1,5 tahun di Belanda. Rasanya belum cukup puas mengexplore Eropa dan seketika harus kembali dengan kemonotonan hidup di Jakarta ini. Hidup dengan kerja kantoran 8 to 5, dilanjut dengan kemacetan dan bercengkerama dengan kasir-kasir mall (baca:belanja atau makan malam di mall). Duh, kok bosen ya.

Lantas saya teringat dengan keinginan yang udah lama banget sebenernya terpendam tapi sayangnya tidak didukung dengan waktu, dan juga finansial yang cukup mumpuni pada saat itu, mengingat hobi yang satu ini gabisa dibilang murah juga. Jadi, saya sudah lama sekali ingin bisa menjahit. Rasanya banyak sekali manfaat kalau mempunyai skill di bidang ini.

Saat itu, yang saya tahu tidak banyak tempat kursus yang menyediakan kursus untuk orang-orang yang hanya sekedar ‘iseng’ saja. Kebanyakan memang kursus yang tersedia saat itu untuk orang-orang yang memang mengejar untuk menjadi seorang PENJAHIT yang profesional.

Rasanya memang social media saat ini banyak mempermudah pencarian saya terhadap hal-hal yang selama ini saya pikir tidak pernah ada. Saya kembali mencari tempat kursus di sekitar area tempat tinggal dan kantor saya, which is di sekitar Jakarta Utara. Beberapa tempat kursus yang memang sudah tidak asing di telinga saya kembali muncul di mesin pencarian ‘google’. Saya pun kembali menghubungi mereka untuk mencari tahu program apa saja yang mereka tawarkan dan tentunya harga kursus.

Mungkin banyak juga yang sudah tau tempat kursus Monalita dan Juliana Jaya. Monalita ini terletak di Rawamangun yang dapat terbilang berada di sekitar tempat tinggal saya. Awalnya saya tertarik sekali dengan lembaga kursus ini karena menyediakan program khusus karyawan, yang artinya waktu kursus nya dirapel di hari sabtu selama 6 jam. Nah, buat yang penasaran Monalita ini udah terkenal banget bahkan sering diliput stasiun televisi, jadi program kursusnya ga perlu diraguin lagi lah ya. Tapi yang buat saya ragu adalah โ€ฆ harganya ๐Ÿ™

Setelah bertanya lewat email ke tanya@kursusmenjahitmonalita.com, jawaban per Juli 2017 adalah sebagai berikut:

  • Untuk kursus Menjahit Tingkat Dasar : Rp 16.000.000,- untuk 72 kali pertemuan @ 2 jam selama 6 bulan;
  • Tidak termasuk bahan dan alat-alat;
  • Pembayaran bisa diangsur 5 kali;
  • Untuk Kursus Dasar Desain Busana, Payet, Sulam Pita, Sulam Benang, Accessories, Bustie biayanya berbeda

Rasanya hobi baru saya ini terlalu berlebihan dengan melihat harga kursus yang tidak murah ini. Padahal sewaktu saya bertanya di sekitar tahun 2014, kalau tidak salah harga kursus menjahit tingkat dasar ini sekitar Rp 4.000.000,-

Sedangkan Juliana Jaya yang tidak memiliki kelas khusus karyawan, atau waktu kursus di Hari Sabtu membuat saya mundur.

Kemudian, saya menemukan tempat kursus baru dan letaknya di Kelapa Gading. Wow! Namanya Sewing Space. Lantas sayapun langsung bertanya perihal kursus melalui Whats App. Dan sekarang saya sudah kursus 6 bulan disana, so simak yuk review kursus menjahit di Sewing Space ini โ€ฆ

Review Sewing Space

 

Good :

  1. Flexibilitas Waktu Kursus Yang Dapat Dipilih Sesukamu
  2. Tersedia Waktu Kursus di Malam Hari
  3. Harga Kursus yang Bersaing
  4. Sudah Termasuk Biaya Bahan dan Alat
  5. Metode Bersifat Semi Private
  6. Terdapat 2 Jenis Program : Casual Class dan Semi Formal Class
  7. Tempat kursus juga sekalian toko nya Mesin Jahit Singer.
  8. Laki-Laki Juga Boleh Kursus Kok

Less Good

  1. Metode Pengajaran yang Membutuhkan Daya Ingat yang Tinggi
  2. Ketidakefektifan Penggunaan Module
  3. Tidak ada Assisstant Teacher lagi

Sebelumnya, lokasi Sewing Space ini terletak di Gedung Parkir 1 La Piazza nya Mall Kelapa Gading. Tapi dikarenakan adanya perencanaan ekspansi La Piazza, tempat kursus jadi berpindah ke Jalan Hibrida Raya, Kelapa Gading per Januari 2018.

Yuk, bareng-bareng belajar Jahit! Buat kamu-kamu yang juga karyawan dan bingung ingin les jahit dimana semoga informasi ini membantu ya :

Sumber gambar : Instagram @sewingspacejkt dan Fitinline.comย 

Protected by Copyscape

Comments:

  • Januari 14, 2018

    Waaah jadi pingin nyobain Sewing Space, sayang jauh di Gading hehehe. Kalo kelas per project sekali datang gitu ada nggak ya?

    reply...
  • Fitriah

    Februari 12, 2018

    Harga kursus disewing space brpa mba?

    reply...
  • ULIE

    Mei 2, 2018

    HALOO MBAK..MAU TANYAK2 NIH..KALAU UNTUK KELAS KARYAWAN NYA ITU MULAI JAM BRAPA SAMPAI JAM BRAPA YAH???
    DAN JUGA JIKALAU KITA SUDAH LULUS ITU ADA DAPAT SERTIFIKAT TIDAK????
    THX

    reply...
  • nuraini

    Mei 13, 2018

    d ciccil y bs brp x

    reply...
  • salsah alvira

    Mei 17, 2018

    harga khursus di sewing space skrg brp ya ?

    reply...
  • Dika

    Juli 7, 2018

    Kegelisahan improve skill yang sama ,eh ketemu blog nya mba casa :), thanks sharingnya

    reply...

post a comment